Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Sekilas tentang LAN (Local Area Network)

Jaringan computer yang paling popular adalah LAN. LAN adalah sekelompok computer yang yang saling berhubungan dalam satu area tertentu. Sehingga, computer yang terhubung ke jaringan tersebut bias saling berkomunikasi, berbagi data, dll. Sedangkan jaringan LAN yang lebih luas dengan tingkat kemampuan yang sangat baik disebut Internet.

1. Prinsip-prinsip komunikasi data

Untuk memahami prinsip ini, diperlukan pengetahuan dasar tentang komponen utama yang digunakan oleh hamper semua system komunikasi. Komponen-komponen tersebut adalah :

1.1. Host computer

Bagian ini merupakan suatu komputer tempat penyimpanan informasi dan dari sanalah informasi tersebut ditransmisikan. Host komputer memiliki kemampuan pemrosesan data, dalam hal ini bias merupakan suatu komputer main frame atau komputer mini.

1.2. Receiving computer

Bagian ini biasanya merupakan suatu “dumb terminal”, komponen dasarnya adalah keyboard, monitor, dan beberapa port untuk komunikasi.

1.3. Data

Satu-satunya alasan untuk melakukan system komunikasi data atau jaringan adalah mentransmisikan data. Data ini bias berupa informasi akuntansi perbankan, personalia, inventaris, dan sebagainya.

1.4. Komunikasi protocol

Protocol adalah suatu set aturan yang mengatur transmisi data. Ada beberapa protokol komunikasi untuk transmisi data ini. Karena ada banyaknya protokol komunikasi, maka diperlukan penerjemah. Penerjemah ini diperoleh dari suatu alat yang dinamakan gateway.

1.5. Komponen transmisi

Jika host komputer dan receiving komputer telah bekerja dan protokol komunikasi telah selesai diseleksi, maka komponen transmisi harus dipilih dan di implementasikan. Komponen transmisi ini bias berbentuk :

- Saluran Komunikasi

- Modem

- Mode transmisi

2. Local Area Network

LAN yang kita kenal saat ini pada dasarnya ada dua kategori utama, yaitu:

2.1. Broadband LAN

Broadband LAN dibedakan dari baseband dengan melihat penggunaan coaxial cableatau serat optic untuk membawa beberapa saluran data. Dengan broadband atau cable bias digunakan untuk membawa 5 atau 6 saluran komunikasi yang berbeda. Dalam beberapa hal, jaringan broadband analog dengan jaringan TV.

2.2. Baseband LAN

LAN umumnya merupakan baseband. Jaringan baseband menggunakan hanya satu saluran pada kabel untuk menunjang transmisi digital yang lebih cepat daripada transmisi analog.

2.3. Ciri-ciri Local Area Network

LAN memiliki beberapa keuntungan bagi pengguna, seperti penggunaan data serta printer secara bersama. Keuntungan dari LAN bias mencakup beberapa hal, antara lain:

- Shared data

- Share software

- Penggunaan yang lebih efektif dari hardware yang ada

- Electronic mail

- Komunikasi data kecepatan tinggi

- Proses terdistribusi

- Metered Software Aplication

3. LAN dan komunikasi data

LAN adalah suatu kategori terpisah dalam komunikasi data dan jaringan. Sebagai contoh, perbedaan antara sisitem mainframe dan LAN adalah dalam mainframe semua proses file dan komunikasi dilakukan secara terpusat dan ditangani oleh host, seangakan dengan LAN pemrosesan didistribusikan di antara semua workstation dan file server yang ada dalam jaringannya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Unknown mengatakan...

kita juga punya nih jurnal mengenai LAN silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2428/1/03-02-008-Implementasi%5BLedya%5D.pdf

Posting Komentar