Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Perusahaan Kecil

Perusahaan kecil memgang peranan penting dalam perekonomian dalam sebuah Negara. Seperti pengalaman dari beberapa Negara maju, menunjukkan bahawa perusahaan kecil memgang kontibusi yang perlu diperhitungkan dalam produksi, pajak, lapangan pekerjaan, dan sebagainya. Sering muncul gagasan-gagasn baru yang merupakan terobosan penting dalam dunia perekonomian. Dengan kiat-kiat tertentu dari para pelaku bisinis, perusahaan kecil dapat berkembang dengan pesat bahkan dapat menjadi perusahaan besar yang patut diperhitungkan. Kemampuan dan keinginan seseorang dalam menjalankan sebuah perusahaan, menjadi modal penting dalam membangun sebuah perusahaan.

Melalui apa yang dimilikinya, seseorang dapat menggali potensinya untuk terus berkembang dan belajar dari apa yang telah dilakukannya selama menjadi pengusaha. Sehingga, menjadi perusahaan yang besar dan patut diperhitungkan dalam dunia bisinis. Pada umunya, orang yang berani mengambil resiko akan menghindari kesempatan berwiraswata. Karena, dengan bekerja mereka memiliki tanggung jawab yang lebih ringan atas kerugian perusahaan.

Criri-ciri perusahaan kecil :

· Manajemen berdiri sendiri

Pada umunya, manajer perusahaan adalah pemilik itu sendiri. Dengan hal itu, mereka dapat dengan bebas menentukan kemana arah perusahaan akan dibangun.

· Investasi modal terbatas

Modal perusahaan kecil pada umumnya lebih kecil daripada perusahaan besar. Hal ini dikarenakan modal yang dipakai memang lebih kecil daripada perusahaan besar.

· Daerah operasinya local

Dalam hal ini, cakupan perusahaan kecil pada umunya hanya melayani pasar setempat Karena terbatasnya modal. Namun, banyak juga perusahaan kecil yang sudah berkembang nelayani pasar nasional bahkan sampai internasional.

· Ukuran keseluruhan relative kecil (penyelenggaraan operasinya tidak dominan)

Keuntungan Perusahaan Kecil

Dalam perusahaan kecil, kebebasnan dalam bertindak mengacu pada fleksibilitas perusahaan itu sendiri. Perusahaan kecil dapat dengan menentukan kebijakan dalam mengambil setiap keputusan. Penyesuaian dalam teknologi juga lebih cepat diterapakan sesuai dengan kebutuhan pasar dapat dilaksanakan dengan cepat dan efisien. Perusahaan kecil dapat berjalan dengan baik, karena kedekatan dengan konsumen dan biasanya pemilik langsung terjun ke lapangan untuk melayani konsumen. Serta fleksibilitas penyesuaian volume usaha dalam kaitannya dengan tuntutan perubahan selera pelanggan.

Kelemahan Perusahaan Kecil

Pada umumnya, setiap perusahaan memiliki resiko, disamping keuntungannya. Akan tetapi, perusahaan kecil lebih mudah terpengaruh oleh perubahan kondisi ekonomi. Selain itu, spesialisasi, modal dan jaminan pekerjaan juga menjadi kendala dalam perusahaan kecil. Dalam hal spesialisasi, perusahaan kecil pada umumnya tidak memilki semua keterampilan dalam bidang menajemen perusahaan. Bilaman disadari bahwa tidak semua bidang dikuasai, maka pengelola harus berencana mempekerjakan orang-orang yang ahli, sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.

Mengembangkan Perusahaan Kecil

Ada beberapa poin penting dalam mengembangkan perusahaan kecil, seperti :

Ø Pelayanan yang lebih baik dalam menarik minta pembeli

Ø Tempat yang strategis dan lebih menarik

Ø Kualitas yang baik dengan harga terjangkau

Ø Harga yang cukup bersaing dengan perusaaan lain

Ø Jaminan dlam pemakaian produk

Ø Pelayanan dengan pelanggan dengan pendekatan langsung

Ø Pemberian informasi dengan cara media iklan

Ø Tampilan kemasan yang menarik

Ø Susunan toko yang lebih menyenangkan dan nyaman untuk para pembeli

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar