Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Mengapa saya belajar bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia merupakan bahasa sehari-hari yang saya pakai. Tetapi, banyak sekali kesalahan saya dalam berbahasa Indonesia seperti pemakaian bahasa yang tidak baku, baik dalam lingkup formal dan informal . Saya sadar atas kekurangan ini, sehingga saya ingin memperbaiki bahasa nasional Negara saya ini, Agar dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari. Hal ini sangat penting karena mulai masuknya istilah-istilah asing yang digunakan oleh remaja maupun orang dewasa saat ini. Boleh saja kita menggunakan istilah asing dalam kehidupan sehari-hari. Namun, alangkah baiknya jika kita menggunkan bahasa kita sendiri.

Sungguh disayangkan apabila kita beranggapan bahwa belajar bahasa Indonesia itu tidak penting. Karena kita harus terus membudi-dayakan bahasa nasional kita ini, agar tidak habis oleh bahasa asing yang masuk ke negeri tercinta ini. Bahasa Indonesia merupakan bahasa pemersatu negeri ini. Mulai dari Sabang sampai Marauke pasti memakai bahasa Indonesia sebagai penyambung komunikasi. Agar menjadi bangsa yang utuh, kita wajib mempertahankan bahasa Indonesia terutama dalam era globalisasi saat ini. Baik buruknya, maju mundurnya, dan teratur kacaunya bahasa Indonesia merupakan tanggung jawab setiap orang yang mengaku sebagai warga Indonesia yang baik. Setiap warga Negara Indonesia harus bersama-sama berperan serta dalam membina dan mengembangkan bahasa Indonesia ke arah yang positif.

Selain itu, sebagai seorang mahasiswa, saya wajib untuk terus belajar bahasa Indonesia. Selain karena merupakan mata kuliah wajib, saya perlu mempelajari bahasa yang baku untuk diterapakan dalam penulisan-penulisan seperti makalah, penelitian ilmiah, skripsi dll. Dan akan coba diterapkan penggunaan bahasa baku dalam kehidupan sehari-hari. Jika bahasa sudah memiliki baku atau standar yang sudah disepakati dan diresmikan oleh negara atau pemerintah, barulah dapat dibedakan antara pemakaian bahasa yang benar dan tidak.

Tulisan yang saya tulis ini tidak luput dari kesalahan juga. Keingintahuan saya, membuat saya terpacu untuk terus belajar bahasa indonesia

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar