Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Latar Belakang Penelitian Ilmiah

Dewasa ini, pasar modal memiliki peran yang sangat strategis dalam perkembangan perekonomian. Pasar modal berfungsi menyelenggarakan dan menyediakan sistem dan sarana untuk mempertemukan penawaran jual dan beli Efek Pihak-pihak lain dengan tujuan memperdagangkan Efek diantara mereka. Dan harus mampu menciptakan kondisi yang dapat mendorong perusahaan efek yang menjadi anggotanya untuk melayani dan mendahulukan pemodal sehingga pada akhirnya dapat merangsang minat pemodal untuk investasi dengan aman, efisien, dan terjangkau. Persaingan yang ketat dalam dunia bisnis, mendorong perusahaan untuk melakukan perluasan pasar agar perusahaan terus tumuh dan bekembang. Dengan dilakukannya perluasan pasar, perusahaan tersebut membutuhkan dana yang cukup besar. Sedangkan, pembiayaan modal saat ini, seperti pinjaman kredit dan investai asing sangat sulit untuk didapat. Pada prinsipnya pemenuhan kebutuhan dana operasional dan investasi perusahaan dapat disediakan dari dua sumber, yaitu sumber pendanaan yang berasal dari dalam perusahaan (modal intern) dan sumber pendanaan yang berasal dari luar perusahaan (modal ekstern). Perusahaan yang membutuhkan modal investasi atau dana operasional cenderung memilih sumber pendanaan yang disediakan oleh pasar, yaitu melalui penerbitan saham perusahaan Melalui pasar modal perusahaan dapat memperoleh dana baik dari modal sendiri maupun modal pinjaman. Untuk dapat menjual sahamnya, perusahaan diwajibkan untuk mendaftarkan perusahaannya melalui proses go public. Perusahaan yang telah go public adalah perusahaan yang telah dimiliki oleh masyarakat umum. Sehingga, perusahaan diwajibkan untuk menginformasikan setiap laporan keuangan yang telah dicapainya. Dengan adanya laporan keuangan, setiap investor dapat mengetahui kinerja perusahaan yang dimiliki atau yang akan dibeli sahamnya. Perusahaan yang terbaik akan masuk ke dalam indeks LQ45. Indeks LQ 45 terdiri dari 45 saham yang telah terpilih yang memiliki likuidasi dan kapitalisasi pasar yang tinggi yang di rewiew setiap 6 bulan.

Pendapatan yang diperoleh oleh seorang investor apabila mereka menanamkan modalnya pada suatu perusahaan ataupun membeli saham perusahaan terdiri dari dua macam, yaitu:

1) Laba karena selisih harga jual dan harga beli saham (capital gain)

2) Dividen (pembagian laba perusahaan)

Capital gain, yaitu pendapatan yang timbul dari penjualan saham dengan harga jual diatas harga beli. Sedangkan deviden adalah keuntungan yang diperoleh perusahaan yang dibagikan kepada investor berdasarkanlaba operasi ataupun melalui kebijakan perusahaan tersebut. Kebijakan dividen tersebut akan menetapkan berapa besar bagian laba bersih yang akan dibagikan sebagai dividen kepada para pemegang saham dan berapa besar bagian dari laba bersih itu yang akan ditahan kembali (retained earning).

Informasi kondisi perusahaan yang ingin diketahui dan dinilai oleh pihak investor adalah terutama mengenai kemampuan perusahaan untuk menghasilkan pertumbuhan laba yang cukup stabil sehingga memberikan keuntungan kepada para investor. Salah satu kinerja keuangan yang banyak dianalisis oleh investor adalah tingkat profitabilitas perusahaan, karena hal ini berkaitan erat dengan tingkat keuntungan yang diharapkan investor dalam kepemilikan sahamnya di perusahaan tersebut. Investor akan mempertimbangkan dengan sebaik-baiknya ke perusahaan mana modal akan ditanam. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis terhadap kinerja keuangan suatu perusahaan. Kinerja perusahaan tersebut, akan menarik minat investor untuk menanamkan modalnya di perusahaan tersebut. Tingginya minat investor terhadap suatu saham akan meningkatkan harga saham di bursa efek itu sendiri.

Berdasarkan latar belakang di atas, dapat dilihat peranan kinerja perusahaan sangat penting terhadap harga saham untuk menarik investor menanamkan modalnya pada perusahaan yang bersangkutan. Oleh karena itu penulis tertarik untuk mengangkat masalah ini sebagai bahan pembuatan tulisan ilmiah dengan judul “ANALISIS PENGARUH RASIO PROFITABILITAS TERHADAP KENAIKAN HARGA SAHAM PT ANEKA TAMBANG Tbk. PERIODE 2004,2005,2006,2007,2008,2009”

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar