Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Tugas Etika Profesi Akuntansi

Berikanlah contoh tindakan dari situasi benturan atau konflik kepentingan antara pegawai dan perusahaan, minimal 4 dari 8 kategori situasi yang ada!

1. Segala hubungan bisnis atas nama perusahaan dengan personal yang masih ada hubungan keluarga (family), atau dengan perusahaan yang dikontrol oleh personal tersebut.
cth : memasukkan karyawan yang ternyata adalah saudara kandung, padahal tidak sesuai dengan kriteria yang di inginkan, perusahaan harus menindak tegas bahwa tidak boleh ada hubungan keluarga dalam perusahaan tersebut.

2. Segala kepentingan pribadi yang berhubungan dengan kepentingan perusahaan.

cth : sebuah perusahaan, memiliki inventaris berupa sebuah bus, tetapi bus tersebut tidak dipergunakan dengan benar, karena sang supir menyewakan bus tersebut ke pihak eksternal perusahaan.

3.Segala penerimaann dari keuntungan, dari seseorang?organisasi?pihak ketiga yang berhubungan dengan perusahaan
cth : Seorang karyawan yang pekerjaannya berkaitan dengan keuangan terkait dengan keuntungan perusahaan memanipulasi data sedemikian rupa untuk menyatut keuntungan tersebut atau biasa disebut dengan korupsi.

4. Segala aktivitas yang terkait dengan insider trading atas perusahaan yang telah go public, yang merugikan pihak lain.
cth : Sebuah perusahaan yang telah go public menjual sahamnya ke pemegang saham lama sebesar 2000lbr , namun perusahaan tersebut melaporkan penjualan sebanyak 5000lbr, sehingga kegiatan perusahaan tersebut merugikan pemegang saham yang lainnya.

5.
Segala posisi dimana karyawan & pimpinan perusahaan mempunyai pengaruh atau kontrol terhadap evaluasi hasil pekerjaan atau kompensasi dari personal yang masih ada hubungan keluarga .
cth : seorang pemimpin perusahaan yang menilai tidak sesuai dengan kenyataan yang ada, karena ada hubungan saudara antara pemimpin dan karyawan tersebut.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar